3 Cara Tepat Mengolah Daun Kelor yang Harus Anda Coba

Daun kelor merupakan tanaman hijau dengan ciri khas daun yang berukuran kecil namun sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini mengandung 46 antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari gangguan radikal bebas. Dengan beragam khasiat yang dimilikinya, manfaat daun kelor tidak hanya untuk dimasak saja, melainkan direbus hingga diolah menjadi permen jelly.

 

Mengolah daun kelor harus dengan cara yang tepat supaya kandungan gizi serta nutrisi yang diandungnya tidak hilang. Selain direbus, dimasak, dan dijadikan permen jelly, daun kelor juga banyak digunakan sebagai suplemen herbal dalam bentuk bubuk dan kapsul yang diolah dengan cara modern. Suplemen herbal dari daun kelor memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

 

Bagaimana Cara yang Tepat untuk Mengolah Daun Kelor?

 

Proses mengolah daun kelor pun termasuk mudah. Berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya sangat cocok untuk Anda olah di rumah dengan sederhana. Bahkan, daun kelor juga bisa dijadikan sebagai lalapan tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Hanya saja Anda harus mencucinya di bawah air yang mengalir hingga benar-benar bersih. Berikut beberapa cara mengolah daun kelor :

 

1. Diolah menjadi sayur daun kelor

Manfaat daun kelor yang pertama yakni dimasak dengan kuah. Masakan olahan daun kelor dengan kuah biasa disebut dengan sayur daun kelor. Cara memasak sayur ini sangat mirip dengan mengolah sayur bayam. Anda perlu menyiapkan air yang direbus hingga mendidih kemudian daun kelor dimasukkan ke dalam air mendidih tersebut.

 

Selanjutnya masukkan daun salam, jagung muda pipilan, dan juga gula serta garam sesuai selera. Cara pengolahan ini tidak akan menghilangkan kandungan gizi dan nutrisi dari daun kelor sehingga sangat aman dimakan dan memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh Anda. Sayuran daun kelor sangat enak jika dimakan dalam keadaan hangat.

 

2. Direbus

Cara mengolah daun kelor ini merupakan cara yang paling tradisional. Hanya dengan direbus dan dikonsumsi sebagai lalapan atau sebagai pelengkap pada pecel. Namun, yang perlu diperhatikan yakni jangan sampai merebus daun kelor terlalu lama supaya kandungan antioksidannya tidak ikut larut dalam sisa air rebusan yang dibuang.

 

Jika Anda kesulitan mendapatkan daun kelor di pasar sekitar rumah Anda, Anda bisa membelinya di Tanihub dari aplikasi maupun websitenya di tanihub.com. Di Tanihub tersedia berbagai macam sayuran dan buah yang dijual oleh petaninya langsung, bukan dari pihak kedua maupun ketiga.

 

3. Diolah menjadi permen jelly

Agar anak-anak doyan, maka pengolahan daun kelor pun bisa dilakukan dengan menjadikannya permen jelly. Jangan takut jika rasanya pahit atau hambar. Dengan pengolahan yang tepat, maka permen jelly dari daun kelor ini pasti jadi rebutan anak-anak Anda. Karena manfaat daun kelor sangat baik untuk kesehatan tubuh, maka tak ada salahnya untuk dicoba.

 

Cara mengolahnya yakni panaskan air yang dicampur dengan gula, bubuk daun kelor, dan sirup glukosa, masak hingga airnya mendidih. Kemudian masukkan pewarna makanan dan bubuk jeli. Aduk rata semuanya. Tuanglah adonan ke dalam cetakan ketika sudah mendidih. Lalu tutup menggunakan alumunium foil dan simpan di suhu ruangan selama seharian penuh.

 

Dengan cara pengolahan daun kelor yang tepat, maka kandungan antioksidan dengan gizi serta nutrisi baik untuk kesehatan tubuh tidak akan hilang. Berbagai manfaat daun kelor menjadi bukti bahwa tanaman ini aman untuk dikonsumsi. Untuk mendapatkan daun kelor, Anda bisa berbelanja di tanihub.com.