5 Jenis Tempat Tidur Kekinian Yang Banyak Dicari

Beragam pilihan model dan tipe ranjang bisa membuat pembeli bingung memilih ranjang yang cocok untuk kamar tidurnya. Wajar saja, sebab sekarang ini banyak sekali aneka pilihan model ranjang yang dijual di pasaran. Begitu banyak ragam ranjang atau tempat tidur, pastinya memiliki kenyamanan dan kegunaan masing-masing.

Kebanyakan orang sudah survei ke toko mebel atau furniture, tetapi belum memiliki konsep ranjang seperti apa yang dicari. Nah, agar kita lebih tercerahkan terkait tempat tidur, berikut ini kami akan berikan ulasan mengenai jenis-jenis tempat tidur yang bisa dipilih. Baca hingga tuntas ya!

Platform Bed
Platform bed adalah satu jenis ranjang yang seringkali disebut dengan ranjang kabin. Ciri khas dari ranjang ini adalah sederhana, kasual, dan bersih. Biasanya ranjang ini digunakan pada arsitek rumah yang bergaya minimalis. Kerangka pada ranjang ini desain sederhana. Berbentuk kotak dan terdiri dari papan kayu kisi-kisi yang sisinya geometris. Rangka platform bed memiliki kontur yang cukup fleksibel. Karenanya membuatnya cukup ringan dan mudah dipindah ke mana-mana.

Fungsi rangka platform bed sebagai ventilasi ranjang. Supaya ranjang tidak bau dan terbebas dari jamur yang bisa membuat rangka cepat rusak. Tak hanya itu, rangka ini salah satu rangka yang tergolong kokoh sebagai penopang. Ketika anda memilih platform bed, anda tidak perlu lagi menggunakan pondasi matras pegas. Beberapa varian platform bed dilengkapi dengan laci pada bagian kolong ranjang.

Canopy Bed
Canopy bed, sesuai dengan namanya, ranjang yang dilengkapi kanopi atau tudung pada bagian atas. Kanopi pada ranjang disangga oleh 4 tiang pada setiap sudut ranjang. Ketinggian pada tiangnya berkisar 1,2 meter. Ranjang kanopi biasanya berbahan dasar dari material kayu. Dihiasi oleh ornamen-ornamen ukiran pada bagian heardboard, footboard, dan tak ketinggalan tiang-tiangnya. Untuk ranjang yang berdesain gaya kontemporer, material dasar yang digunakan berupa besi yang diukir menggunakan ornamen-ornamen.

Pada beberapa macam varian desain canopy bed, tudung yang digunakan dibentuk menggunakan kain dekoratif yang menyilang antar tiangnya. Kain-kain dekoratif tersebut dijulurkan ke bawah mengikuti tiang kanopi. Kain yang diaplikasikan pada tudung biasanya berjenis kain sutra maupun sifon. Ranjang kanopi sangat cocok untuk melengkapi rumah yang memiliki desain gaya klasik.

Divan Bed
Divan bed merupakan jenis tempat tidur yang paling banyak dimiliki orang Indonesia. Kontur pada bagian kepala yang lebih tinggi ini umumnya bentuknya berupa persegi panjang yang bergaya minimalis. Pada umumnya, divan bed di pasaran dijual sepaket dengan tempat tidur yang sudah menyatu dengan kasur. Karena dijual sepaket, harga yang dibanderol pun jauh lebih murah.

Cabin Bed
Tipe cabin bed ini seringkali digunakan untuk tempat tidur di kamar anak. Sama seperti trundle bed, cabin bed pada umumnya menyatu dengan lemari. Tempat tidurnya dilengkapi dengan lemari atau kabin serta terdapat laci-laci. Tipe ini cocok untuk anak-anak karena membuat kamar anak nampak lebih luas dan media menyimpan barang-barang anak sehingga tertata dengan rapi.

Mid Sleeper Bed
Mid sleeper bed sering juga disebut bunk bed. Atau seringkali masyarakat menyebutnya tempat tidur bertingkat. Tempat tidur ini pada umumnya digunakan pada asrama atau hostel. Bisa juga digunakan untuk kamar kos dengan penghuni dua orang. Akan tetapi, kini bunk bed juga bisa digunakan untuk satu orang saja. Pada bagian salah satu tingkatnya bisa digunakan sebagai lemari atau meja belajar anak.

Nah, itulah jenis-jenis tempat tidur yang banyak dicari orang. Kalau saya sih suka jenis cabin bed, karena bisa untuk menyimpan barang di bawahnya. Kalau tempat tidur pilihan Anda?